Friday, October 19, 2012

10 Seniman Seni Diorama Kertas

Saat kampanye go green menyinggung tentang penghematan kertas, beberapa orang mempergunakan kertas ini malah menjadi barang yang bukan dicap sebagai sampah yang akan menumpuk. Adalah seniman-seniman seni diorama kertas yang membuat kertas-kertas tersebut berakhir di meja tamu, ruang belajar bahkan di meja kerja anda, bukan tempat sampah. Berikut 10 seniman seni diorama kertas.

1. Sarah Bridgland

Tampaknya Sarah Bridgland yang percaya pada pepatah lama rongsokan seseorang, adalah harta untuk sebagian orang. Di usia 29 tahun, Sarah yang berasal dari Inggris ini telah memperoleh 3 penghargaan atas karya seninya dan puluhan pameran seni yang dia ikuti dari tahun 2008.
Para pemahat dan seniman collge memanfaatkan pasar loak untuk menyelamatkan sisa kertas kuno, kotak tua, dan koleksi lainnya yang menarik , dalam rangka untuk berbaur mereka ke dalam karya seninya. Seperti halnya dengan seri diorama karya Sarah Bridgland yang bertempat di dalam kotak lama, wadah berbahan cotton, dan kotak staple memunculkan huruf dan imej yang meledak keluar dari kotakdimana huruf dan imej tersebut berasal dari potongan-potongan kertas tua.

2. Helen Musselwhite

Terinspirasi oleh alam, seniman yang berbasis di Inggris ini menciptakan desain potongan kertas yang cantik ditempatkan di kotak kayu, cangkir teh, dan tempat kue. Potongan halus Musselwhite digabungkan dengan lembaran kertas putih bersih bersama dengan warna mencolok, yang ia buat menjadi makhluk hutan, cottage, dan pohon. Karya ini ia ciptakan sebgai penghormatan kepada rakyat, etnis, dan pertengahan abad seni yang ia kagumi. Banyak dari karyanya memberikan suasana musim semi, dan lagi sosok burung, burung hantu, kelinci dan rusa yang sering menjadi bagian dari karyanya.  Anda dapat memiliki karyanya, dan membeli mereka di websitenya (www.helenmusselwhite.com)

3. Elly MacKay

Berasal dari Ontario Kanada, seniman yang juga illustrator dan guru, Ella MacKay menciptakan adegan aneh keluar dari kertas Yupo, dinaungi oleh sebuah teater diorama buatan sendiri, sebelum mengabadikannya dengan berbagai filter cahaya. Warna yang dihasilkan dari karyanya lembut, hampir seperti sedang melihat sebuah film dengan sinematografi yang sangat menakjubkan. 4 penghargaan dan belasan pameran seni yang ia ikuti membuat dirinnya dikenal sebagai seniman diorama. Mackay menampilkan hasil karyanya dalam halaman Etsy dan juga situs resminya di www.ellymckay.com.

4. Yuken Teruya
Di samping media mengejutkan seperti gulungan kertas toilet, tas belanja, dan kotak pizza, seniman yang berikarier di New York Yuken Teruya menggunakan tas McDonald dalam rangka menciptakan pohon yang berasal dari potongan kertas ke dalam seri karyanya dengan judul Notice-Forest. Seniaman asli Okinawa ini mengubah tas makanan, kotak, uangyang sudah using menjadi karya seni yang indah, yang berfungsi sebagai sebuah komentar pada masyarakat dan penyampaian pesan, membuktikan bahwa bahan apapun dapat berubah menjadi kreasi yang menarik jika anda memiliki bakat untuk itu. Teruya menjadi seniman yang digandeng oleh 3 galeri, dua diantaranya bertempat di Amerika Serikat dan satu di Berlin. Untuk melihat karya-karyanya anda dapat mengkases situs resminya di www.yuketeruyastudio.com

5. People Too

Selain menciptakan patung musisi pujaan berbahan dasar kertas, Alexei Lyapunov dan Lena Ehrlich, dua seniman yang berperan besar dalam People Too, adegan diorama mode dari dalam kejadian-kejadian di pesawat terbang, kantor, pabrik, dan banyak lagi. Pekerjaan yang rumit yang dilakukan pasangan Rusia ini adalah membuat seri yang terbuat dari kertas dari mulai setting tempatnya, figur orang itu sendiri dan bahkan aksesorisnya dengan hasil mengejutkan seperti nyata.

6. Miranda Brandon
Dibesarkan di Oklahoma menyebabkan Miranda Brandon membuat karya berupa berbagai diorama bertema alam dengan bumbu khayalan. Dalam dunia Brandon menceritakan wombat yang menunggangi walabi dengan setting gurun, singa merayakan ulang tahun sementara burung unta memata-matai tupai berpelukan, dan kelinci yang sedang melakukan operasi.
Miranda Brando juga memiliki bakat di bidang fotografi. Seniman kelahiran Okhlahome tahun 1981 ini pernah terlibat dalam 4 pameran seni di Amerika Serikat. Karya-karya Miranda lainnya dapat diliat di blog resminya di artbymcbrandon.blogspot.com.

7. Woods Road Avenue

Anda mungkin tidak bisa menyimpulkan pada pandangan pertama, tapi karya dengan setting di bawah laut, lengkap dengan kuda laut, karang, dan kapal selam, bisa anda temui di dalam secangkir kopi Starbucks Venti. Senimannya, hanya dikenal sebagai Shannon atau dengan nama Woods Road Avenue yang juga menciptakan adegan batu bata sebagai bagian dari seri-nya, The World Inside My Cup. Suatu pengalaman baru untuk ada penggemar kopi, saat bisa melihat karya 3 dimensi di dalam gelas kopi anda, jika anda berani meminumnya dari situ.

8. Lym Moreno
Berbasis di Vienna, seniman dan ilustrator asal Venezuela ini sangat  imajinatif menciptakan potongan kertas dalam kardus dicat, kotak kayu, dan bahkan botol kaca. Dipengaruhi oleh fabel, sebagian karya seni Moreno merupakan karakter imajiner di dalam situasi yang mengerikan, seperti tenggelam di laut atau yang ditelan oleh api. Untungnya, penggunaan warna-warna cerah menciptakan keluguan, sebuah kenangan masa kecil yang didalam konsep yang di luar kewajaran dunia anak. Tidak hanya membuat diorama berbahan kertas, Lym juga membuat banyak karya seni lainnya, seperti lukisan dan animasi, dan pernah terlibat dalam 8 pameran seni. Karya-karyanya dapat dilihat pada status resminya di www.conmostaza.com.

9. Molly Bosley

Dalam seri-nya yang berjudul “Remember Sebastian”, seniman asal New England ini menghidupkan alam bawah sadarnya dalam bentuk diorama. Bosley memanipulasi lembaran kertas putih kosong ke dalam bentuk yang rumit dan siluet untuk melambangkan ketakutan dan kekhawatiran yang mengisi mimpi-mimpinya. Koleksi ini juga dipadukan dalam diorama dari potongan kertas dan bayangan dari boneka, terinspirasi saat ia eksperimen dengan pencahayaan, adegan kuno, dengan kertas yang ditempatkan di  belakang. Bayangan-bayanagn figur kertas di belakang menyimbolkan mimpo-mimpi tersebut. Molly Bosley telah mengikuti belasan pameran seni. Karya-karya Bosley kebanyakan bernuansa vintage, dan beberapa mengingatkan kita pada sebuah scrapbook. Untuk 6 seri karya lainnya dapat diliat di situs resminya www.mollybosley.com

10. Jayme McGowan

Jayme McGowan, tidak hanya pelopor seri ilustrasi buku anak dari potongan kertas, termasuk klasik Roald Dahl, tetapi juga seorang seniman asal Sacramento yang mencoba menciptakan diorama sederhana yang terbungkus dalam oval, kotak kayu, dan bahkan jam. Karya seni dioramanya dijual di kanal Etsy. Mempunyai 10 klien yang mayoritas adalah sebiah majalah, dan terlibat dalam 4 pameran seni. Untuk melihat bagaiaman ia membuat karyanya, anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses pada situs resminya www.roadsideprojects.com

No comments:

Post a Comment