Tuesday, October 9, 2012

10 Fakta unik di balik cara tidur hewan

Menurut Dr. Adrian Morrison DVM PhD, seorang profesor di University of Pennsylvania School of Veterinary Medicine, tidur pada manusia terbagi menjadi dua fase, yaitu tidur REM dan non-REM. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, manusia harus mengalami dua fase tidur tersebut. Namun tidak demikian pada binatang. Lalu bagaimana cara binatang tidur? Apakah ada yang istimewa dengan cara tidur binatang? Berikut kami sajikan fakta-fakta unik seputar cara tidur binatang, seperti dilansir oleh Huffingtonpost.

1. Kucing
Rata-rata kucing tidur selama 13 - 14 jam setiap hari, dan lebih banyak terbangun di malam hari. Ini juga berlaku bagi kucing-kucing besar seperti singa dan macan yang biasa berburu di malam hari.

2. Lumba-lumba
Lumba-lumba bisa berenang dengan sebagian otak mereka tertidur. Mereka bisa memiliki gelombang otak non-REM yang berfungsi sama seperti ketika manusia tidur, sementara sebagian otaknya tetap terbangun.

3. Kuda dan Sapi
Kuda dan sapi bisa tidur sambil berdiri. Namun mereka tidak mengalami tidur REM secara penuh. Ini menyebabkan kuda dan sapi tak bisa tidur nyenyak, hingga bermimpi, kecuali saat mereka tidur sambil berbaring.

4. Jerapah
Jerapah memiliki kemampuan yang unik dalam har menahan kantuk. Ini karena jerapah bisa bertahan terus terjaga hingga berminggu-minggu tanpa tidur siang.

5. Siput gurun
Jika ada hewan yang jago tidur, mungkin siput gurun adalah salah satunya. Siput gurun bisa tertidur sampai tiga tahun berturut-turut tanpa terbangun.

6. Platypus
Saat tidur, platypus melakukan gerakan yang sama dengan saat dia sedang mencari mangsa. Ini kemungkinan besar untuk menutupi bahwa dia sedang tertidur, sehingga mangsa atau musuh tak akan berani mengganggunya.

7. Babon papio Afrika
Untuk menghindari pemangsa, monyet babon papio Afrika tidur di pucuk pohon tanpa berbaring. Mereka bisa tertidur sambil duduk dan berpegangan pada pohon.

8. Kelelawar
Kelelawar tidur dengan kepala menghadap ke bawah. Ini tentu bukannya tanpa alasan. Posisi ini menguntungkan saat ada pemangsa yang mendekat. Dengan begitu, mereka bisa langsung terbang untuk melarikan diri.

9. Albatros
Albatros adalah salah satu jenis burung yang memiliki kebiasaan tidur unik. Tak perlu mencari sarang untuk tertidur, karena burung albatros bisa tidur sambil terbang.

10. Semut
Kebanyakan orang mengira semut tidak pernah tidur. Padahal faktanya, semut pekerja bisa tidur sebanyak 253 kali dalam sehari. Bagaimana bisa? Ini karena mereka hanya menghabiskan waktu 1,1 menit saja untuk satu kali tidur.
Wow, unik bukan kebiasaan hewan-hewan ini saat mereka tidur!

No comments:

Post a Comment